October 16, 2021

Dunia Malam

Kumpulan informasi gaya hidup dunia malam

apa itu dj

Foto: instagram.com/dj.joana

Apa Itu DJ Dan Apa Saja Yang Dilakukannya di Panggung?

Orang awam umumnya akan melihat pekerjaan seorang DJ seperti hanya memutarkan lagu untuk orang lain. Padahal menjadi seorang DJ tidak semudah itu.

Duniamalam.id – Apa itu DJ? Mungkin banyak orang yang belum mengenal dengan profesi yang satu ini. Meskipun demikian, sudah banyak DJ terkenal yang diketahui oleh masyarakat awam sekalipun seperti DJ Winky Wirjayan, DJ Una atau sederet DJ seksi lainnya.

Orang awam umumnya akan melihat pekerjaan seorang DJ seperti hanya memutarkan lagu untuk orang lain. Padahal menjadi seorang DJ tidak semudah itu. Untuk menjadi seorang DJ yang benar – benar profesional perlu banyak teknik dan pengetahuan tentang musik yang sangat mumpuni.

DJ atau Disc Jockey adalah orang yang bertugas untuk memandu dan menyambung dari lagu ke lagu secara terus menerus dengan teknik tertentu. Seorang DJ tidak bisa asal dalam memilih dan memainkan lagu. Ada tempo dan beat yang harus dijaga.

Untuk hal ini seorang DJ harus paham cara mengatur lagu, melakukan proses mixing untuk menyambung antar lagu, melakukan sound control, dan juga memainkan tempo.

Pada saat bekerja, seorang DJ akan menggunakan bermacam alat seperti turntable, computer, mixer,dan lain sebagain nya. Pada awalnya setiap DJ identik dengan turntable dan plat sebagai media pemutar musik mereka, namun kini dengan perkembangan zaman sudah mulai banyak DJ yang menggunakan media digital seperti CD atau DVD bahkan flash drive untuk memutar lagu yang mereka inginkan.

DJ dalam Industri Musik

Dalam Industri musik seperti sekarang ini, seorang DJ tidak hanya berperan sebagai pemutar lagu. Mereka juga sudah mulai berperan untuk menciptakan sebuah lagu bahkan menjadi produser di banyak lagu.

Meski demikian, seorang DJ masih identik dengan panggung hiburan malam. Para DJ masih menjadi senjata utama untuk menghadirkan hiburan dan kesenangan di tempat – tempat seperti bar atau klub malam. Di samping itu, kini juga mulai banyak acara seperti konser yang mulai mengundang para DJ ini untuk menjadi bintang tamu di acara mereka.

DJ Harus Paham Sense Musik

Hal paling penting yang harus dimiliki seorang DJ untuk memberikan hiburan yang maksimal adalah sense musik. Seorang DJ harus sangat paham apa yang disukai dan diinginkan penonton saat itu. Tidak semua penonton menyukai lagu yang sedang populer, ada kalanya penonton ingin suasana musik ala 80 an atau 90 an, atau mungkin keinginan lainnya. Hal – hal inilah yang membuat seorang DJ profesional harus banyak memiliki pengetahuan tentang musik.

Saat ini, layaknya musisi pada umumnya DJ pun memiliki banyak aliran dan genre. Ada DJ yang hanya memutarkan lagu 80 an, ada juga DJ yang hanya memutarkan lagu rock klasik. Semua ini tergatung pilihan dan selera mereka sendiri. Meskipun secara umum, DJ merupakan orang yang akan sangat identik dengan hip hop dan elektronik musik.

Macam – Macam DJ

dj wiryawan
Foto: indoclubbing.com

Berbicara masalah macam – macam DJ, jika dilihat dari tugasnya saja kita bisa melihat perbedaan tersebut. Ada DJ yang sangat mahir membuat suasana menjadi semangat tapi ada juga DJ yang khusus membawa suasana romantis. Semua suasana yang ingin diciptakan ini selain tergantung dari pemilihan lagu juga akan sangat dipengaruhi oleh pembawaan si DJ nya itu sendiri. Untuk lebih mengenal DJ, berikut adalah macam – macam dari tipe DJ yang akan sering dijumpai :

  • Radio DJ

Selain pertanyaan apa itu DJ? Mungkin orang juga banyak bertanya tentang siapa orang pertama yang mempopulerkan DJ. Mungkin ini adalah orang – orang generasi awal yang disebut DJ.

Pada awalnya memang sebutan DJ mengacu pada orang – orang radio yang tugasnya adalah memilih dan memutarkan lagu untuk didengarkan oleh para pendengar radio tersebut. Pekerjaan DJ memang identik dengan tugas seorang penyiar radio. Meskipun kini pengertian DJ mengalami perluasan makna.

  • Bedroom DJ

Ini merupakan sebutan untuk mereka yang memiliki peralatan dan kemampuan untuk menjadi DJ namun hanya melakukannya sebatas hobi saja. Mereka tidak pernah tampil di sebuah acara publik ataupun live show apapun.

Kalaupun tampil mereka biasanya hanya akan bermain di komunitas kecil seperti acara ulang tahun, atau private show lainnya.

  • Club DJ

Mungkin ini merupakan tipe DJ yang akan banyak dijumpai saat ini. Mereka adalah orang – orang yang memaikan musik di sebuah club dengan ciri khas sound system yang sangat identik.

Biasanya mereka ini adalah resident DJ dari sebuah club atau bar tertentu. Musik yang mereka bawakan kebanyakan adalah house, trance, hip hop, atau bahkan urban music.

  • Mobile DJ

Mungkin ini adalah versi kebalikan dari club DJ. Jika club DJ biasanya menjadi resident disebuah club maka mobile DJ adalah mereka yang akan main dari club ke club sebagai DJ tamu. Biasanya mereka akan tampil pada acara tertentu atau mungkin ketika seorang resident DJ tidak bisa melaksanakan tugasnya. Seorang Mobile DJ bisa diibaratkan seperti seorang penyanyi yang bernyanyi dari panggung ke panggung.

Itulah beberapa hal tentang DJ yang mungkin akan menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu DJ. Ketika Anda sudah memahami apa itu DJ, Anda mungkin tak akan menganggap profesi ini sebagai orang yang memutar lagu saja, bukan?

Nah, Jika Anda mulai tertarik untuk berkarir menjadi seorang DJ maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memperluas wawasan musik yang dimiliki.